PEDOMAN LAKMUD (sesi 1)


Assalammualaikum Wr.Wb.

1.   Perkenalan

a.    Pokok bahasan :

Perkenalan identitas peserta dan pelatih, seperti  nama, alamat, status, hobbi dll.

b.    Tujuan :

1.  Tercapainya suasanan interaksi yang hangat, akrab dan saling terbuka diantara sesama peserta dan antara peserta dan Pelatih, sehingga memungkinkan berlangsungnnya kegiatan pelatihan yang partisipatif.

2.  Tercapainya suasana yang membantu peserta untuk saling membuka diri dan saling memahami, sehingga mempermudah proses interaksi antara sesama peserta pada acara-acara berikutnya.

c.    Metode :

Permainan kartu bergambar

d.   Media :

1.  Kertas manila

2.  Pulpen

3.  Kertas plano dan spidol

e.   Waktu :

120 menit

f.    Proses kegiatan :

1.   Peserta duduk melingkar tanpa ada yang menghalangi.

2.   Pelatih menerangkan maksud dari materi perkenalan ini, setelah itu membagikan kertas kepada setiap peserta.

3.   Setiap peserta menggambarkan dirinya dalam bentuk apapun (sketsa, lukisan, kata-kata, dll) kedalam kertas itu, misalnya nama, tempat tinggal, pekerjaan, orang-orang disekitarnya, hobi dsb. Gambar tidak harus bagus yang penting kita dapat mengetahui sesuatu tentang orang yang menggambarkannya.

4.     Setelah selesai, semua kertas dikumpulkan menjadi satu, masing-masing peserta mengambil satu kartu lalu dia harus menebak gambar itu milik siapa dan menceritakan apa yang dilihat dalam kartu tersebut.

5.    yang merasa membuat kartu tersebut dipersilahkan kedepan untuk menambah keterangan gambarnya.

6.    Peserta lain diharapkan mengajukan pertanyaan mengenai gambar tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu peserta terbacakan.

7.    Pelatih melalui pertanyaan-pertanyaan intensif merangsang tiap peserta uantuk bercerita mengenai dirinya sendiri.

8.    Setelah selesai semua untuk perkenalan, pelatih menjelaskan arti permainan tadi kemudian menutup acara.

2.  Pre-test

a. Pokok bahasan :

1. Pengetahuan tentang organisasi IPNU, NU (Aswaja) serta organisasi pelajar yang lain.

2. Pengalaman organisasi :

q Pelatihan yang pernah diikuti

q Organisasi yang pernah diikuti

3. Keinginan diri:

q Tujuan dan harapan mengikuti Lakmud

q Tujuan dan harapan menjadi anggota IPNU

b. Tujuan :

1. Mengetahui sejauh mana pengetahuan dasar peserta tentang IPNU, NU serta organisasi pelajar yang lain.

2. Mengetahui  keinginan dan harapan peserta dalam mengikuti pelatihan ini

c. Metode :

1. Angket

2. Brainstorming

d. Media:

1. Kertas Manila (3 warna)

2. Kertas Plano

3. Spidol

e. Waktu:

Alokasi waktu 60 menit

f. Proses kegiatan :

1. Pelatih membagikan 3 kartu warna (merah,  kuning, hijau) yang telah terisi dengan beberapa pertanyaan kepada setiap peserta.

2. Pelatih memberikan waktu selama 15 menit untuk menyelesaikan  jawaban dimasing-masing kartu.

3. Setelah semua selesai, Pelatih meminta kepada peserta untuk mengumpulkan semua jawaban kedepan sesuai dengan warna kartu.

4. Pelatih mengidentifikasi kartu-kartu tersebut sesuai dengan kategorinya masing-masing.

5. Setelah teridentifikasi berdasarkan kategorinya, Pelatih memberikan kesempatan kepada peserta untuk menanggapi .

6. Kegiatan pada point 5 dan 6 dilakukan untuk 3 kertas warna, dimasing-masing kertas warna yang sama.

7. Pelatih menyimpulkan hasil dari kegiatan tersebut setelah itu menutup acara.

3.   Analisa Diri

a. Pokok bahasan :

Mengenal diri, atau akan keinginan diri, sadar akan kekurangan dan kelebihan diri dan orang lain serta sadar akan perlunya keterbukaan.

b. Tujuan :

Agar peserta dapat lebih rendah hati, setiap orang menghargai kekurangan dan kelebihan masing-masing, yang akhirnya menciptakan suasana terbuka diantara semua peserta.

c. Metode :

1. Role play

2. Brainstorming

d. Media :

1. Kertas plano dan spidol

2. OHP

e. Waktu :

Alokasi waktu 120 menit

f. Proses Kegiatan

a. Pelatih menjelaskan sekilas tentang esensi materi analisa diri.

b. Selanjutnya pelatih membuka dengan cerita atau contoh kasus seorang yang  mau mengenal diri sendiri dan tidak mengenal diri sendiri. Orang yang mampu mengenal diri sendiri terbuka untuk melihat kelemahan dan kekuatan diri sendiri maupun orang lain.

c. Hal ini terkait dengan keinginan kita dalam berproses di suatu organisasi. Oleh karena itu selanjutnya pelatih menanyakan kepada peserta apakah kita perlu mengenal diri kita sendiri.

d. Selanjutnya pelatih mengajak peserta untuk melakukan analisa diri dengan menggunakan “spiral pertumbuhan”.

e. Dalam penjelasan spiral pertumbuhan ini pelatih menjelaskan tahap demi tahap dengan disertai beberapa contoh kasus.

4. Kontrak Belajar

a.    Pokok bahasan

1.   Garis besar dan pokok-pokok materi latihan

2.   Kebutuhan serta harapan pribadi dan kelompok tentang pelatihan serta perangkat pelatihan

3.   Jadwal tentatif dan tata tertib latihan

b.     Tujuan

1.    Peserta mampu mengidentifikasi dan merumuskan kebutuhan terhadap materi latihan

2.    Peserta dan pelatih menetapkan kesepatakan bersama tata cara pelaksanaan latihan

c.      Metode

1.    Diskusi

2.    Brainstorming

d.     Media

Papan tulis white board

Spidol dan kertas plano

Flep card

e.      Waktu :

90 menit efektif

f.       Proses kegiatan

1.     Pelatih menjelaskan tentang tujuan dan target lakut secara singkat. Demi terlaksananya pelatihan yang partisipatif maka, partisipasi dan peran aktif seluruh peserta sangat dibutuhkan. Oleh karena itu kesepakatan pelatihan harus dibuat bersama-sama

2.     Pelatih membagi kartu kepada seluruh peserta, kemudian peserta menuliskan harapan dan kebutuhan selama proses pelatihan.

3.     Pelatih mengidentifikasi kartu-kartu peserta sesuai dengan kategorinya dengan cara menempelkan kartu tersebut di papan.

4.     Selanjutnya pelatih dan peserta membahas aturan main tentatif pelatihan

5.     Pelatih menutup acara

Lanjut !! PEDOMAN LAKMUD (sesi 2)

Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: