PEDOMAN LAKMUD (sesi 2)


5.  Ke-IPNU-an

a. Pokok Bahasan :

1. Tinjauan sosiologis dan strategis kelahiran IPNU

2. Peristiwa-peristiwa dan keputusan penting dari kongres ke kongres

3. Kebijakan-kebijakan strategis IPNU kedepan

4. Posisi dan peran IPNU dalam konteks kepelajaran dan konteks kemasyarakatan.

b.   Tujuan :

1.      Mengetahui kelahiran IPNU secara sosiologis dan strategis

2.      Mengetahui perjalanan IPNU dari kongres ke kongres dengan keputusan pentingnnya.

3.      Memahami kebijakan strategis IPNU ke depan

c. Metode :

1. Ceramah

2. Dialog

3. Brainstorming

d.    Media :

1. OHP

2. Kertas plano dan spidol

e. Waktu :

90 menit

f.     Proses Kegiatan

1. Pelatih membuka acara, kemudian menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dibahas sesuai dengan pokok bahasan.

2. Pelatih memperkenalkan nara sumber, selanjutnya pelatih mengadakan warming up (pemanasan) dengan cara memberikan pertanyaan seputar materi sesuai dengan pokok bahasan. Hal ini dilakukan untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta terhadap materi yang bersangkutan, sehingga nara sumber dapat mempertajam pemaparan materi sesuai dengan kadar pengetahuan peserta.

3. Pelatih mempersilahkan kepada nara sumber untuk memaparkan materi, dilanjutkan dengan dialog.

4. Pelatih mengulas secara garis besar pokok hasil dialog, selanjutnya pelatih mempersilahkan kepada nara sumber meninggalkan ruangan, kemudian diakhiri dengan penutup.

6. Ke-NU-an

a.    Pokok bahasan :

1. Pengertian mabadi' Khoiru ummah

2. Pengertian panca gerakan NU

3. Pengertian khittoh NU

4. Analisa NU dalam perkembangan/dinamika perjuangan

b.     Tujuan :

1.    Mengerti dan memahami mabadi’ khoiro ummah serta 5 gerakan NU

2.    Mengerti dan memahami khittoh NU serta bagaimana menerapkannya.

c. Metode :

1. Ceramah dan tanya jawab

2. Brainstorming

3. Diskusi

d.      Media :

1. OHP

2. Kertas planodan  spidol

e. Waktu :

90 menit

f.      Proses kegiatan :

1. Pelatih membuka acara kemudian memberikan  penjelasan singkat tentang pokok bahasan materi, selanjutnya pelatih mengadakan brainstorming sekitar pokok bahasan materi.

2. Pelatih membacakan biodata nara sumber, selanjutnya mempersilahkan narasumber  menyampaikan materi di lanjutkan dengan dialog.

3. Pelatih mengarahkan menuju kesimpulan, kemudian mempersilahka nara sumber meningalkan ruangan.

4. Selanjutnya membagi peserta dalam beberapan kelompok diskusi, kemudian dipersilahkan peserta untuk mendiskusikan beberapa pokok masalah yang diberikan oleh pelatih.

5. Hasil diskusi dipresentasikan di depan forum dipandu pelatih.

6.    Kemudian pelatih mengulas garis besar hasil diskusi yang diakhiri dengan penutup.

7.  ASWAJA

a. Pokok bahasan :

1. Pengertian madzhab dan sistem bermadzhab

2.  Pengertian Taqlid, Ittiba', Ijtihad dan istinbath dalam NU.

3.  Memahami karakteristik 4 madzhab pada masalah fiqih

4.  Pandangan aswaja terhadap jihad

b. Tujuan :

1. Memahami pengertian madzhab dan sistem bermadzhab

2. Memahami tentang taqlid, ittiba’, ijtihad dan istinbath dalam NU serta aplikasinya dalam kehidupan

c.        Metode :

1. Ceramah dan tanya jawab

2. Brainstorming

3. Diskusi

d. Media :

1. OHP

2. Kertas plano dan spidol

e.    Waktu :

Alokasi waktu 90 menit

f.     Proses kegiatan :

1. Pelatih membuka acara kemudian memberikan  penjelasan singkat tentang pokok bahasan materi, selanjutnya pelatih mengadakan brainstorming sekitar pokok bahasan materi.

2. Pelatih membacakan biodata nara sumber, selanjutnya mempersilahkan narasumber  menyampaikan materi di lanjutkan dengan dialog.

3. Pelatih mengarahkan menuju kesimpulan, kemudian mempersilahka nara sumber meningalkan ruangan.

4. Selanjutnya membagi peserta dalam beberapan kelompok diskusi, kemudian dipersilahkan peserta untuk mendiskusikan beberapa pokok masalah yang diberikan oleh pelatih.

5. Hasil diskusi dipresentasikan di depan forum dipandu pelatih.

6.   Kemudian pelatih mengulas garis besar hasil diskusi yang diakhiri dengan penutup

8. Tradisi Perilaku Keagamaan NU

a.             Pokok bahasan :

1. Tradisi NU, pengertian dan dasar hukumnya  (tahlil, qunut, diba'iyah, ziarah kubur, haul, tarawih 20  rakaat, adzan 2 dlm jumat, talqin dll)

2. Fadzilah dan penerapannya

3. Khilafiyahnya

b.   Tujuan :

Mengerti dan memahami tradisi NU serta dasar hukumnya berikut fadzilah dan penerapannya

c.    Metode :

1. Ceramah

2. Dialog

d. Media :

1. OHP

2. Kertas plano dan spidol

e.   Waktu :

Alokasi waktu 90 menit

f.    Proses kegiatan :

1. Pelatih membuka acara, kemudian menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dibahas sesuai dengan pokok bahasan.

2. Pelatih memperkenalkan nara sumber, selanjutnya pelatih mengadakan warming up (pemanasan) dengan cara memberikan pertanyaan seputar materi sesuai dengan pokok bahasan. Hal ini dilakukan untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta terhadap materi yang bersangkutan, sehingga nara sumber dapat mempertajam pemaparan materi sesuai dengan kadar pengetahuan peserta.

3. Pelatih mempersilahkan kepada nara sumber untuk memaparkan materi, dilanjutkan dengan dialog.

4. Pelatih mengulas secara garis besar pokok hasil dialog, selanjutnya pelatih mempersilahkan kepada nara sumber meninggalkan ruangan, kemudian diakhiri dengan penutup.

Kembali !! PEDOMAN LAKMUD (sesi 1)

Lanjut !! PEDOMAN LAKMUD (sesi 3)

Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: