PEDOMAN LAKMUD (sesi 3)


9. Manajemen Konflik

a. Pokok bahasan

1. Pengertian manajemen konflik

2. Macam/model- model konflik

3. Tahap-tahap penyelesaian konflik

b.    Tujuan  :

Mengerti dan memahami pengertian konflik, manajemen konflik dan bagaimana  menyelesaikannya.

c.     Metode :

2. Brainstorming

3. Study kasus

4. Ceramah

d.             Media :

1. OHP

2. Kertas plano dan spidol

a. Waktu

Alokasi waktu 90 menit

b. Proses Kegiatan :

Pelatih membuka acara dan membagi peserta dalam beberapa kelompok Pelatih membagikan beberapa kasus pada masing-masing kelompok untuk diselesaikan.Pelatih memberikan waktu selama 15 menit kepada masing-masing kelompok untuk  menyelesaikan kasus yang diberikan.Setelah semua selesai, pelatih memberikan kesempatan selama 10 menit pada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Pelatih menjelaskan hasil dari diskusi kedalam materi pokok bahasan.

Pelatih memandu dialog.

Pelatih menutup sessi.

10. Manajemen Organisasi

a.    Pokok bahasan :

1.    Pengertian, fungsi dan manfaat manajemen

2.    Manajemen organisasi non profit

3.    Manajemen kepanitiaan

b.    Tujuan :

1.    Mengerti dan memahami fungsi, manfaat dan bentuk-bentuk manajemen

2.    Mengetahui bagaimana memilih dan menerapkan manajemen yang tepat

c.    Metode :

1.    Brainstorming

2.    Diskusi

3.    Ceramah dan dialog

d. Media :

1.    OHP

2.    Kertas plano

3.    Spidol

e.   Waktu :

Alokasi waktu 90 menit

f.     Proses kegiatan :

1. Pelatih membuka acara, kemudian menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dibahas sesuai dengan pokok bahasan.

2. Pelatih memperkenalkan nara sumber, selanjutnya pelatih mengadakan warming up (pemanasan) dengan cara memberikan pertanyaan seputar materi sesuai dengan pokok bahasan. Hal ini dilakukan untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta terhadap materi yang bersangkutan, sehingga nara sumber dapat mempertajam pemaparan materi sesuai dengan kadar pengetahuan peserta.

3. Pelatih mempersilahkan kepada nara sumber untuk memaparkan materi, dilanjutkan dengan dialog.

4. Pelatih mengulas secara garis besar pokok hasil dialog, selanjutnya pelatih mempersilahkan kepada nara sumber meninggalkan ruangan, kemudian diakhiri dengan penutup.

11. Komunikasi

a. Pokok bahasan :

Pengertian dan tujuan komunikasi

Unsur-unsur komunikasi

Bagaimana menciptakan komunikasi yang efektif

Komunikasi verbal dan non verbal

Etika komunikasi

b. Tujuan :

1. Mengerti dan memahami tujuan serta komponen-komponen komunikasi

2. Mengetahui dan bisa menerapkan bagaimana komunikasi yang baik dan produktif.

c. Metode :

1. Ceramah

2. Brainstorming

3. Diskusi

d. Media :

1. OHP

2. Kertas plano

3. Spidol

e. Waktu

Waktu 90 menit

f.   Proses Kegiatan

1. Pelatih menerangkan secara singkat tentang pokok bahasan materi yang dilanjutkan dengan memperkenalkan nara sumber kepada peserta.

2. Pelatih mengadakan brainstorming dengan cara menyampaikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan pokok bahasan, hal ini ditujukan untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta pada materi tersebut sebelum pemateri menyampaikan materinya secara utuh. selanjutnya mempersilahkan kepada nara sumber untuk menyampaikan materi, dilanjutkan dengan dialog.

3. Pelatih mengulas garis besar hasil dialog dan mengarahkan kepada kesimpulan

4. Pelatih menutup acara.

12. Kepemimpinan

c.    Pokok bahasan :

1.    Macam-macam leadership

2.    Teori munculnya pemimpin di masyarakat

3.    Pola kepemimpinan efektif

4.    Tipologi kepemimpinan

b.    Tujuan :

1.    Peserta memahami karakteristik sosok dan citra diri seorang pemimpin

2.    Peserta memahami bagaimana peran dan tanggung jawab seorang pemimpin

c.    Metode :

1.    Permainan

2.    Penugasan

3.    Diskusi

d.    Media :

1.   OHP

2.   Kertas plano

3.   Spidol

e.   Waktu :

Alokasi waktu 90 menit

f.    Proses Kegiatan :

1.    Pelatih membuka acara kemudian membagi peserta dalam 4 kelompok

2.    Masing masing kelompok memerankan seorang pemimpin yang otoriter, demokratis, liberal, laizezfaire

3.    Setelah semua selesai, pelatih melontarkan beberapa pertanyaan mengenai materi pokok bahasan yang berhubungan dengan tugas yang telah diperankan

4.    Pelatih memaparkan hasil dari tanya jawab, permainan peran dan materi pokok bahasan.

5.    Pelatih menutup acara

13. Scientific Problem Solving (SPS)

g.    Pokok bahasan:

1.    Pengertian dan fungsi SPS

2.    Pengertian masalah dan langkah-langkah pemecahan masalah

3.    Konsep dasar pengambilan keputusan

4.    Praktek studi kasus

h.    Tujuan:

1.    Memahami pengertian  dan fungsi SPS

2.    Memahami apa itu masalah, cara menganalisa serta bagaimana langkah-langkah pemecahannya.

3.    Memahami konsep dasar pengambilan keputusan.

i.      Metode:

1.    Study kasus

2.    Curah pendapat

3.    Ceramah

j.     Media :

Kertas plano, spidol

k.   Waktu :

Alokasi waktu 90 menit

l.      Proses kegiatan :

1.   Pelatih membuka acara dan membagi peserta dalam 2 kelompok besar

2. Pelatih membagikan beberapa kasus pada masing-masing kelompok untuk diselesaikan.

3. Pelatih memberikan waktu selama 15 menit kepada masing-masing kelompok untuk  menyelesaikan kasus yang diberikan.

4. Setelah semua selesai, Pelatih memberikan kesempatan selama 10 menit pada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.

5. Pelatih menjelaskan hasil dari diskusi kedalam materi pokok bahasan.

6. Pelatih memberi kesempatan beberapa pertanyaan.

7. Pelatih menutup acara.

14. Kerjasama

m.   Pokok bahasan :

1.    Pengertian dan tujuan kerjasama

2.    Bentuk-bentuk kerjasama

3.    Etika kerjasama

n.    Tujuan :

1.    Memahami pengertian dan tujuan kerjasama

2.    Memahami bentuk-bentuk kerjasama serta etika kerjasama

o.    Metode :

1.    Permainan

2.    Dinamika kelompok

3.    Brainstorming

4.    Diskusi

5.    Simulasi

p.    Media :

1.    Kertas double folio

2.    Lem

3.    kertas plano

4.    spidol

q.    Waktu :

Alokasi waktu 90 menit

r.     Proses kegiatan :

1.    Pelatih membuka acara kemudian menerangkan prosesi permainan

2.    Pelatih membagi kelompok

3.    Setiap kelompok mendapat kertas double folio sebanyak jumlah peserta dalam kelompok itu.

4.    Dalam waktu 15 menit bahan yang telah diberikan harus dibentuk sesuai dengan keinginan kelompok

5.    Ketentuannya produk itu harus setinggi mungkin dan tidak boleh mempergunakan peralatan lain selain yang diberikan.

6.    Ketentuan berikutnya selama bekerja tidak ada yang boleh bicara tapi dapat berkomunikasi dengan gerak-gerik atau bahasa isyarat, mimik dan bunyi-bunyian.

7.    Amati cara kerja kelompok

8.    Pelatih mempersilahkan memulai kerja selama 15 menit

9.    Setelah 15 menit selesai, semua harus berhenti dan masing-masing kelompok meletakkan hasil karyanya ditengah ruangan.

10. Setiap peerta diberi kesempatan untuk memberikan reaksi atas produk-produk itu, mengungkapkan perasaan dan pendapat secara bergantian

11. Kemudian Pelatih meminta seluuh peserta membentuk lingkaran besar dengan mengadakan evaluasi

12. Pelatih menyimpulkan hasil permainan itu dalam pokok bahasan materi

13. Pelatih menutup acara.

Kembali !! PEDOMAN LAKMUD (sesi 2)

Lanjut !! PEDOMAN LAKMUD (sesi 4)

Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: